Giandrasoft

Marketing IT Support - WEB Design - Software - Applikasi Android

085 747 927 927


Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Selatan Luncurkan Smombie Warning System

Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Selatan Luncurkan Smombie Warning System - Kabar baik datang dari dunia IoT. Belum lama ini Korea Selatan telah menguji desain dan sistem baru  crosswalk yang bertujuan untuk meminimalisasi angka kecelakaan. Pengujian tepatnya dilakukan di sebuah persimpangan jalan di Ilsan, kota yang memiliki tingkat kepemilikan smartphone tertinggi di dunia menurut Pew Research Center. Sistem baru tersebut dikenal dengan nama Smombie Warning System.

Smombie (Smartphone Zombie) merupakan istilah populer yang digunakan untuk menyebut pejalan kaki yang tidak memerhatikan sekitar karena fokus pada smartphone. Di Korea Selatan, kebanyakan orang adalah Smartphone Zombie dan efeknya telah berada pada level yang mengkhawatirkan. Pada tahun 2017, lebih dari 1.600 pejalan kaki terbunuh dalam kecelakaan lalu lintas dan kebanyakan terjadi di tempat penyeberangan pejalan kaki. Bahkan, Korea Selatan menjadi negara dengan angka kematian dan cedera jalan tertinggi di antara negara-negara maju lainnya. Itulah alasan pemerintah datang dengan Smombie Warning System, tidak lain untuk meningkatkan kewaspadaan para Smombie ketika menyeberang dan pengemudi kendaraan.

Smombie Warning System merupakan sistem sistem peringatan multidimensi yang dioperasikan dengan memanfaatkan kamera pencitraan termal, sensor radar, dan LED. Ketika pejalan kaki mendekati penyeberangan, kamera pencitraan termal akan memberitahu sistem yang kemudian menyebabkan lampu LED menyala di kedua sisi penyeberangan. Nyala lampu LED dapat dilihat hingga jarak 160 kaki. Ketika pengemudi kendaraan hampir sampai di jarak 100 kaki dari penyeberangan, sistem akan memberikan peringatan kedua dengan tanda lampu LED yang berkedip. Smombie Warning System ini juga terintegrasi dengan aplikasi smartphone. Ketika pejalan kaki mendekati penyeberangan, smartphone akan menyala dan menampilkan teks peringatan otomatis untuk menyadarkan Smombies agar memerhatikan sekitar.

Dari sekitar 1.000 kendaraan yang terlibat dalam pengujian, 83,4% pengemudi menjadi lebih sadar dan menurunkan kecepatannya karena keberadaan sistem baru ini. Untuk biaya pemasangan, Smombie Warning System membutuhkan biaya sekitar $13.250 atau sekitar Rp185.500.000,00 per persimpangan jalan, seperti dikutip dari Reuters. Masyarakat menyambut baik  Smombie Warning System ini. Mereka berharap  agar segera diimplementasikan juga di kota-kota lainnya di Korea Selatan.


Complete Services

Jasa Pembuatan Website Konsultan di Yogyakarta

Jasa Pembuatan Website Konsultan di Yogyakarta - U ...

Jasa Pembuatan Website di Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Kami mendesain situs web yang dibuat khusus untuk ...

Apakah Anda Sudah Menjadi Seorang Digital Marketer yang Pro?

Apakah Anda Sudah Menjadi Seorang Digital Marketer ...