Giandrasoft

Marketing IT Support - WEB Design - Software - Applikasi Android

085 747 927 927


Mau Bisnis di Media Sosial? Ini Dasar yang Harus Ada di Luar Kepala

Mau Bisnis di Media Sosial? Ini Dasar yang Harus Ada di Luar Kepala - Dari beragam jenis website yang ada, media sosial-lah yang memiliki basis pengguna yang sangat kuat. Keramaian media sosial ini semakin membuktikan bahwa manusia memang makhluk sosial. Dilihat dari sisi bisnis, hiruk-pikuk media sosial adalah peluang yang selalu menjanjikan. Kalau sudah begitu, pepatah yang mengatakan peluang menghasilkan uang itu memang bukan omong kosong. Tidak heran jika semakin ke sini semakin banyak pebisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk memasarkan produknya.

Pertanyaannya sekarang adalah: apakah Anda termasuk salah satu pebisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai channel pemasaran? Kalau belum dan baru akan ke arah sana, tidak ada salahnya Anda coba untuk menjawab 5 pertanyaan dasar berikut ini agar nantinya pemasaran Anda dapat lebih terarah ke depannya.

Apa yang Anda ingin capai melalui pemasaran dengan memanfaatkan media sosial?
Pertama, coba renungkan dan mantapkan kembali tujuan yang hendak Anda capai sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan pemasaran produk di media sosial.Tanpa tujuan yang jelas, upaya tidak akan berakhir dengan hasil yang optimal. Jangan sampai Anda memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk hanya karena sedang tren dan terbukti ampuh bagi orang-orang yang sudah melakukannya. Ampuh bagi mereka belum tentu akan ampuh di kita, bukan? Pastikan saja dulu bahwa Anda sudah memiliki tujuan jelas dan rencana strategi yang cerdas sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Siapa target konsumen Anda?
Tujuan sudah jelas, tetapi target konsumen Anda apakah juga sudah jelas? Jika belum, lekaslah untuk menentukan target konsumen yang sesuai untuk produk Anda, misal dengan melakukan survei kecil-kecilan dahulu. Cari tahu media sosial yang yang sering digunakan oleh target konsumen Anda, apakah itu Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, atau media sosial lainnya. Dengan menemukan media sosial yang sesuai, pemasaran Anda tentunya juga tidak akan berakhir sia-sia.

Bagaimana mereka menggunakan media sosial?
Setelah mengetahui saluran media sosial yang sering digunakan, Anda juga perlu memahami kebiasaan target konsumen Anda dalam berkomunikasi di media sosial. Anda bisa mulai menyelisiknya dengan bergabung di grup-grup komunitas dan/atau ikut aktif di akun-akun yang mereka ikuti. Dengan mengetahui kebiasaan dan karakter mereka dalam berkomunikasi, peluang Anda untuk mendapat sambutan dari mereka pun juga lebih besar.

Apa yang mereka sukai?
Untuk membuat konten pemasaran, tentu saja Anda harus sudah tahu hal-hal yang disukai oleh target konsumen Anda. Dengan mengetahui jenis postingan dan topik yang mereka sukai, Anda dapat lebih terarah dalam membuat konten. Tanggapan positif pun akan mengikuti dengan sendirinya. 

Apa pesan yang ingin Anda sampaikan?
Melalui media apa pun, kegiatan utama dari pemasaran adalah penyampaian pesan. Berhasil tidaknya pesan tersampaikan tergantung pada seberapa kuat nilai dan solusi yang Anda tawarkan? Selain mengetahui benar karakter dan keunggulan produk yang ditawarkan, Anda pun harus dapat menyampaikannya secara sederhana, jelas, dan tuntas. Di sinilah kemampuan komunikasi dan persuasi yang baik sangatlah dibutuhkan.

Kalau Anda sudah dapat menjawab lima pertanyaan dasar mengenai social media marketing di atas dengan mudah, efek positifnya adalah aktivitas pemasaran di media sosial Anda untuk ke depannya akan selangkah lebih terarah. Tentu saja  itu yang Anda harapkan, bukan?

 


Complete Services

Sudah Tahu Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing?

Tak Jarang Dianggap Sama, Ini Perbedaan Digital Ma ...

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Pemasaran

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Pemasaran - Tidak ...

Mengapa GIANDRASOFT Pantas Jadi Pembuat Website Pilihan Anda?

Kami percaya website harus berbicara kepada orang- ...