Giandrasoft

Marketing IT Support - WEB Design - Software - Applikasi Android

085 747 927 927


7 Sistem Operasi Seluler Yang Populer

7 Sistem Operasi Seluler Yang Populer - Sistem operasi seluler (mobile operating system) atau biasa disebut mobile OS adalah sistem operasi yang di desain secara  spesifik untuk mejalankan perangkat seluler seperti telepon seluler, smartphone, Asisten Digital Pribadi (Personal Digital Asisten), tablet computer dan perangkat lain yang dapat di genggam.

Sama seperti sistem operasi Linux atau Windows yang dapat mengontrol desktop atau computer, sistem operasi seluler adalah platform perangkat lunak yang dapat menjalankan aplikasi dan program yang ada di smartphone, tablet, dan perangkat lainnya. Sistem operasi ini bertanggung jawab untuk menentukan fungsi dan fitur yang tersedia di dalam perangkat seperti roda ibu jari (thumb wheel), keyboard, WAP, sinkronisasi dengan aplikasi, email, pesan teks dan masih banyak lagi. OS seluler juga akan menentukan aplikasi pihak ketiga (aplikasi seluler) mana yang dapat digunakan pada perangkat Anda.

Ketika Anda membeli perangkat seluler, pabrikan akan memilih sistem operasi untuk perangkat tertentu itu. Seringkali, Anda ingin mempelajari sistem operasi seluler sebelum membeli perangkat untuk memastikan kompatibilitas dan dukungan untuk aplikasi seluler yang ingin Anda gunakan.Dibawah ini adalah 7 sistem operasi seluler yang populer dan masih banyak digunakan hingga saat ini.

1. Android OS (Google Inc.)

Saat ini Android merupakan sistem operasi seluler yang paling banyak di gunakan. Sistem operasi seluler Android adalah tumpukan perangkat lunak yang terbuka dan gratis dari Google. Dalam sistem operasi Android itu sendiri mencakup sistem operasi, middleware, dan juga aplikasi utama yang digunakan pada perangkat seluler, termasuk smartphone. Pembaruan untuk sistem operasi Android open source telah dikembangkan di bawah nama versi yang terinspirasi dari hidangan penutup (dessert) seperti Cupcake, Donut, Eclair, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich dan seterusnya. Di setiap sistem operasi baru yang di keluarkan akan di sesuaikan dengan urutan abjad dengan peningkatan sistem operasi yang tentunya semakin baik.

2. Bada (Samsung)

Bada OS adalah sistem operasi seluler pertama milik Samsung yang diluncurkan pada tahun 2010. Samsung Wave adalah smartphone pertama yang menggunakan OS seluler ini. Bada menyediakan fitur seluler seperti multi-sentuh, grafik 3D dan tentu saja, download dan instalasi aplikasi.

3. Blackberry (Research in Motion)

BlackBerry OS adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk digunakan pada perangkat genggam BlackBerry yang populer di perusahaan. Platform BlackBerry populer di kalangan pengguna korporat karena menawarkan sinkronisasi bila di gunakan dengan BES dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, email Novell GroupWise, dan perangkat lunak bisnis lainnya, bila digunakan dengan BlackBerry Enterprise Server.

4. iPhone OS/iOS (Apple)

OS iPhone pada awalnya dikembangkan untuk digunakan pada perangkat iPhone itu sendiri. Namun saat ini sistem operasi seluler disebut sebagai iOS dan didukung pada sejumlah perangkat Apple termasuk iPhone, iPad, iPad 2 dan iPod Touch. Sistem operasi seluler iOS hanya tersedia di perangkat buatan Apple sendiri karena perusahaan tidak melisensikan OS untuk perangkat keras dari pihak ketiga. Apple iOS berasal dari sistem operasi Mac OS X Apple.

5. MeeGo (Nokia dan Intel)

Sistem operasi seluler open source bersama ini merupakan hasil penggabungan dari dua produk berdasarkan teknologi open source yaitu Maemo (Nokia) dan Moblin (Intel). MeeGo adalah OS seluler yang dirancang untuk bekerja pada sejumlah perangkat termasuk smartphone, netbook, tablet, sistem informasi dalam kendaraan dan berbagai perangkat yang menggunakan arsitektur Intel Atom dan ARMv7.

6. Symbian OS (Nokia)

Symbian adalah sistem operasi seluler yang ditargetkan untuk ponsel yang menawarkan integrasi tingkat tinggi dengan fungsi komunikasi dan manajemen informasi pribadi (PIM). Symbian OS menggabungkan middleware dengan komunikasi nirkabel melalui kotak surat, fungsi Java dan PIM (agenda dan kontak) yang terintegrasi. Nokia telah membuat platform Symbian yang disesuaikan untuk bekerja dengan beberapa OEM dan komunitas kecil kolaborator pengembangan platform.

7. Windows Mobile (Windows Phone)

Windows Mobile adalah sistem operasi seluler Microsoft yang digunakan di telepon pintar dan perangkat seluler (dengan atau tanpa layar sentuh). Mobile OS didasarkan pada kernel Windows CE 5.2. Pada 2010 Microsoft mengumumkan platform smartphone baru bernama Windows Phone 7.

Setelah Anda mengetahui dan memahami beberapa sistem operasi yang sering digunakan dalam smartphone, mungkin Anda bisa menentukan sistem operasi seluler yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.


Complete Services

Jasa Pembuatan Website Perusahaan Jaringan Telekomunikasi

Jasa Pembuatan Website Perusahaan Jaringan Telekom ...

Jasa Pembuatan Website Apotek di Yogyakarta

Jasa Pembuatan Website Apotek di Yogyakarta - Kebe ...

5 Tips Membangun Brand Image yang Kuat untuk Perusahaan Anda

Apakah situs web perusahaan Anda sudah merepresent ...