Giandrasoft

Marketing IT Support - WEB Design - Software - Applikasi Android

085 747 927 927


Cara Branding di Dunia Maya yang Efektif Tingkatkan Nilai Bisnis

Tidak cukup di dunia nyata, sekarang bisnis rasanya belum lengkap apabila belum turut dibangun di dunia maya. Bagaimana lagi? Kemajuan teknologi informasi tidak bisa menutup mata kita untuk tidak melirik peluang yang ada. Ya, mungkin Anda termasuk salah satu di antaranya yang berpikir demikian.

Bisnis tidak pernah jauh-jauh dari branding dan pemasaran. Untuk memanfaatkan kesempatan emas berkat kemajuan teknologi informasi, kira-kira bentuk pemasaran daring apa saja yang perlu dicoba untuk mengoptimalkan branding dan menjangkau pasar yang lebih luas? Berikut delapan bentuk internet marketing yang kami rekomendasikan untuk Anda:

Website
Solusi paling efektif untuk memperkenalkan dan memasarkan produk Anda saat ini adalah dengan memanfaatkan website. Anda saat ini mungkin saja sudah mem-branding dan mempromosikan bisnis Anda  melalui media sosial, tetapi alangkah lebih baik lagi jika Anda memiliki website bisnis sendiri. Melalui website, Anda bisa lebih leluasa untuk melakukan branding dan menginformasikan secara jelas siapa Anda tanpa khawatir informasi tadi tenggelam di antara postingan-postingan lainnya layaknya di media sosial. Selain sebagai media informasi dan penguat eksistensi bisnis yang efektif dan efisien, website juga bisa Anda jadikan sebagai galeri produk sekaligus media promosi dan bahkan mesin penjualan produk Anda. Lebih dari itu, Anda juga dapat mengukur tingkat keberhasilan dalam memasarkan produk yang telah Anda lakukan melalui website, seperti mengetahui  jumlah pengunjung, produk yang paling diminati, dan informasi produk yang paling sering dicari. Dengan begitu, Anda akan dapat lebih mudah dan terarah dalam membuat kebijakan dan strategi yang lebih efektif lagi.

Social media marketing
Sesuai namanya, social media marketing dalam praktiknya adalah aktivitas memasarkan bisnis dengan menggunakan platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Google Plus, dan Pinterest. Banyaknya orang yang menggunakan dan hampir selalu aktif di media sosial membuat strategi pemasaran satu ini cukup menjanjikan, tetapi hal tersebut tentu saja tetap harus diikuti dengan keahlian teknologi dan wawasan bisnis yang memadai. Pemasaran digital menggunakan media sosial lebih dari sekadar memosting foto produk, promosi, dan menanggapi komentar. Pemasar juga harus cerdas menganalisis efektivitas konten yang diposting dan membaca data analitik untuk selanjutnya dapat menciptakan strategi yang lebih kreatif dan efektif lagi. Pemasar juga harus pandai memahami jaringan sosial dari target pasar potensial yang dituju, seperti keunikan mereka dan jenis konten yang banyak disukai, agar dapat berhasil untuk menggerakkan mereka dari sebagai pengikut media sosial kemudian menjadi pelanggan.

Content marketing
Bentuk internet marketing satu ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran target pasar terhadap merek dengan cara menggunakan teknik bercerita dan membagikan informasi yang berharga. Content marketing biasanya lebih dekat ke blogging. Apabila Anda ingin meningkatkan kesadaran merek strategi pemasaran ini, Anda harus rajin mengisi situs Anda dengan konten-konten yang menarik dan berkualitas. Tidak hanya dengan konten-konten promosi mengenai produk Anda, informasi lain berupa tips dan berita terkini yang berhubungan dengan bisnis Anda pun bisa dijadikan tulisan. Semakin banyak konten akan semakin baik karena dapat memengaruhi situs Anda untuk berada di jajaran teratas hasil pencarian dengan kata-kata kunci tertentu.

Search Engine Optimization (SEO)
Optimasi mesin pencari atau biasa disebut SEO bertujuan untuk menempatkan suatu situs web bisnis di daftar teratas halaman awal hasil pencarian ketika pengguna internet memasukkan kata-kata kunci tertentu. Optimasi SEO mencakup banyak elemen dan memerlukan keahlian dalam mengoperasikan tools tertentu. Cara paling mudah untuk meningkatkan SEO sebuah situs adalah dengan mengisi situs tersebut dengan banyak konten yang menarik dan berkualitas agar arus lalu lintas ke situs web menjadi ramai. Itulah sebabnya SEO dan content marketing saling berkaitan. Apakah cukup itu saja? Tentu saja tidak. Apabila Anda berkeinginan untuk sungguh-sungguh mempromosikan bisnis dengan hasil yang lebih optimal, Anda tetap memerlukan pakar SEO. Algoritme Google selalu berubah sehingga strategi SEO yang telah Anda terapkan sebelumnya pun dapat sewaktu-waktu tidak relevan lagi. Hanya para pakar SEO yang pro-lah yang dapat mengikuti perkembangan SEO terkini. Untuk itu, Anda perlu mengonsultasikannya dengan pakar SEO kepercayaan Anda.

Search Engine Marketing (SEM)
Pemasaran dengan SEM dilakukan dengan memanfaatkan mesin pencari. Bentuk paling umum SEM yang sering kita temui adalah Google Adwords, mengingat Google saat ini adalah raksasa mesin pencari di dunia. Untuk dapat memasang iklan di Google, pemasar disyaratkan untuk membayar sejumlah uang ke pihak Google sesuai kesepakatan. Dengan menggunakan SEM, iklan Anda akan tampil di situs-situs web yang bekerja sama dengan Google dan berada di daftar teratas hasil pencarian ketika pengguna internet memasukkan kata-kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda. Posisi yang strategis untuk langsung diklik dan dikunjungi banyak orang, bukan?

Iklan pay per click
Iklan ini disebut pay per click karena pengiklan membayar berdasarkan klik yang dilakukan oleh pengguna internet. PPC merupakan salah satu metode untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web. Bentuk-bentuk iklan PPC cukup beragam, sebut saja spanduk web, iklan pop-up, iklan Youtube, dan termasuk Google Adwords. Untuk biaya iklan, itu tergantung tingkat persaingan. Kemudahan lainnya adalah pengiklan dapat memilih apakah iklan ditampilkan kepada pengunjung di seluruh dunia atau dalam batas geografis tertentu saja.

Email Marketing
Pemasaran dengan memanfaatkan email memang bukan strategi pemasaran digital yang baru, tetapi keefektifannya masih kuat. Email marketing lebih dari sekadar mengirim pesan promosi ke alamat email orang dan lembaga secara massal lalu selesai begitu saja. Kita juga menawarkan nilai, menganalisis data, dan membangun serta memelihara hubungan dengan target konsumen. Email marketing tidaklah mudah, tetapi juga tidak begitu sulit. Kita hanya perlu menentukan target pasar yang sesuai, kemudian rutin mengirim konten pembaruan yang menarik ke mereka agar dapat terbangun kepercayaan hingga pada akhirnya mereka berujung menjadi pelanggan.

Affiliate Marketing
Berbeda dengan pay per click yang sistem pembayarannya berdasarkan pada setiap iklan yang diklik, sistem pembayaran affiliate marketing ini berdasarkan pada setiap konversi. Pengiklan hanya akan membayar iklannya apabila terjadi transaksi pembelian. Biasanya, affiliate marketing ini populer di kalangan blogger dan pemilik situs web yang ingin menghasilkan uang dengan cara mempromosikan bisnis orang lain.

Kedelapannya memiliki nilai jual masing-masing. Anda bisa pilih satu atau beberapa bentuk internet marketing di atas, yang tentu saja sesuai dengan bisnis, target pasar, dan anggaran yang Anda miliki. Sebagus dan semenjanjikan apa pun, tidak akan berarti apa-apa jika kita tidak memahami konteks bisnis yang ada. 


Complete Services

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sa ...

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Pekerjaan Umum

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Pekerjaan Umum - P ...

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Perusahaan Jaringan Telekomunikasi

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Perusahaan Jaringa ...